Cantik Dengan Krim Temulawak

Krim Temulawak
Tumbuhan temulawak merupakan tanaman asli dari Indonesia. Nama latin herba ini adalah Curcuma Xanthorrhiza. Temulawak memiliki kandungan senyawa aktif yang membuatnya kaya akan khasiat juga manfaat. Jika selama ini kita mengenal temulawak sebatas pemelihara kesehatan tubuh, saat ini temulawak juga dikenal sebagai bahan kosmetik terutama untuk wajah. Khasiatnya memang nyata, oleh sebab itu produk kosmetik dari bahan temulawak selalu laris di pasaran. Produk tersebut antara lain toner dan susu pembersih dari temulawak, krim temulawak day & night, make up berbahan temulawak dan masih banyak lagi lainnya. Di antara produk tersebut, yang paling banyak diminati adalah krim temulwak day & night.

Seperti telah diketahui, secara klinis temulawak mengandung minyak atsiri. Minyak ini dikenal sangat baik untuk menunda penuaan dini, memudarkan flek-flek hitam pada wajah, melembabkan serta mengusir jerawat dan bekasnya. Temulawak juga memiliki efek menjaga hati dan membersihkan darah. Darah yang bersih tentu akan berpengaruh pada tampilan kulit. Oleh sebab itu untuk mendapatkan kecantikan kulit, temulawak baiknya dipakai dari luar juga dari dalam.

Selain krim temulawak yang sudah beredar di toko-toko kosmetik, Anda juga sebenarnya bisa meracik resep temulawak untuk mengusir jerawat dari wajah Anda. Caranya cukup sederhana. Langkah pertama, pilihlah temulawak yang sudah tua. Temulawak yang sudah tua tersebut kemudian dicuci sampai bersih. Selanjutnya diiris tipis tipis dan dijemur sampai kering. Temulawak yang sudah mengering tersebut kemudian direbus dan disisakan satu gelas. Kemudian diminum menjelang tidur. Untuk hasil yang maksimal, minum ramuan ini secara rutin setiap hari sampai hasilnya terlihat.

Jeli Memilih Kosmetik Temulawak

Saat ini, di pasaran telah beredar banyak merek krim temulawak yang diklaim bisa memutihkan wajah. Hal ini patut dicurigai mengingat rimpang temulawak tidak memiliki senyawa aktif yang bisa menghambat perkembangan pigmen kulit. Biasanya fungsi mencerahkan ini ada pada tanaman bengkuang dan jeruk, tapi tidak pada temulawak. Karena itu, jelilah memilih kosmetik berbahan dasar temulawak . Cermati bahan-bahan yang dipakai, sebab boleh jadi kosmetik tersebut telah dicampur dengan bahan berbahaya seperti mercury dan juga air raksa. Jika ingin memperoleh manfaat temulawak, ada baiknya meracik kosmetik sendiri dari dapur. Misalnya masker temulawak. Berikut langkah-langkahnya.
  • Ambil 1 sendok makan sari temulawak.
  • Campurkan dengan 20 kuntum bunga melati.
  • Tambahkan 2 ruas asam jawa, 2 sendok makan air jeruk nipis dan belerang sebesar kelereng. Campur semuanya lalu tumbuk hingga halus.
  • Oleskan masker ini pada wajah secara merata. Tunggu hingga kering (kurang lebih 15 menit) lalu bersihkan dengan menggunakan air dingin sesudahnya.
Lakukan ritual ini secara teratur dua kali dalam sebulan, maka kulit wajah anda akan terlihat lebih bersih, lembab dan bebas dari gangguan jerawat.