Manfaat Temulawak Untuk Ibu Hamil

Temulawak Untuk Ibu Hamil
Tak ada yang meragukan khasiat temulawak bagi kesehatan juga bagi kecantikan. Tanaman asli Indonesia ini memang kaya kandungan senyawa aktif yang memiliki peran memelihara juga menyembuhkan berbagai penyakit. Temulawak yang dikenal dengan nama latin Curcuma Xanthorhiza Roxb ini tak hanya dikenal di Indonesia saja tetapi juga sampai ke penjuru dunia lainnnya. Kabarnya, di Korea Selatan, temulawak dikenal berkhasiat untuk mengusir ketombe. Tak hanya untuk menghalau ketombe, sebenarnya temulawak memiliki banyak khasiat juga manfaat bagi semua orang di segala umur. Bahkan, manfaat temulawak untuk ibu hamil dan menyusui juga nyata. Berikut uraiannya!

Kandungan Dan Manfaat Temulawak

Kandungan utama rimpang temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Kurkumin bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu). Temu lawak memiliki efek farmakologi yaitu, hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti-inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi.


Manfaat Temulawak lainnya adalah untuk meningkatkan nafsu makan, melancarkan ASI, dan membersihkan darah. Selain dimanfaatkan sebagai jamu dan obat, temulawak juga dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur makanan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Di sisi lain, temulawak juga mengandung senyawa beracun yang dapat mengusir nyamuk, karena tumbuhan tersebut menghasilkan minyak atsiri yang mengandung linelool, geraniol yaitu golongan fenol yang mempunyai daya tolak terhadap nyamuk Aedes Aegypti.


Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa konsumsi temulawak bermanfaat untuk melancarkan dan memperbaiki kualitas ASI. Tak hanya pasca melahirkan, sesungguhnya temulawak juga memiliki manfaat bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Konsumsi temulawak untuk ibu hamil bisa mengurangi efek mual terutama di awal-awal masa kehamilan. Rasa mual ini juga dibarengi dengan menurunnya nafsu makan. Dengan mengkonsumsi temulawak, mereka yang hamil bisa tetap mempertahankan nafsu makan sehingga nutrisi bagi janin tidak terganggu. Manfaat temulawak untuk ibu hamil lainnya adalah membantu membersihkan darah di dalam tubuh dan mengurangi kadar lemak di dalam darah. Kedua masalah ini biasanya menjadi problem tersendiri bagi calon ibu di masa kehamilan. Untuk pasca kehamilan, selain memperbaiki ASI, ternyata temulawak juga bisa dijadikan bubur dan baik untuk dikonsumsi balita.

Manfaat temulawak untuk ibu hamil memang cukup baik dan tentu tanpa efek samping kimiawi mengingat pengolahan temulawak masih secara tradisional dan nyaris tanpa bahan kimia. Namun, menurut beberapa ahli, konsumsi temulawak oleh ibu hamil harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Sebab temulawak disinyalir bisa menyebabkan kontraksi pada uterus atau rahim sehingga memperbesar peluang abortus atau keguguran. Oleh sebab itu, selalu konsultasikan pada dokter spesialis kandungan (Sp.OG) agar lebih jelas.